Wikipedia

Hasil penelusuran

Minggu, 08 Desember 2013

Sejarah Keluarga Nur Hidayat



SEJARAH KELUARGA NUR HIDAYAT

MAKALAH
UNTUK MEMENUHI TUGAS MATAKULIAH
Pengantar Sejarah Indonesia
Yang dibina oleh yang dibinaolehIbu Indah Wahyu, M.Pd



Oleh
Nur Hidayat
130732616132







UM Malang
 










UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS ILMU SOSIAL
JURUSAN SEJARAH
PROGRAM STUDI S1 ILMUSEJARAH
Desember 2013

KATA PENGANTAR
        Puji syukur kehadirat Allah SWT. Karena atas limpahan rahmat, taufik dan hidayahNya, penulis  dapat menyelesaikan tugas mata kuliah Pengantar Ilmu Sejarah.
Penulis mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah membantu hingga dapat terselesaikannya makalah ini. Kepada Ibu Indah Wahyu, M.Pd selaku pembimbing, yang senantiasa memberikan pengarahan kepada penulis  dalam penyelesaian tugas makalah ini. Tak lupa kepada teman-teman yang selalu membatu hingga dapat terselesaikannya makalah ini
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam pembuatan makalah ini masih banyak ditemukan kekurangan.Oleh karenanya kritik dan saran yang membangun sangat diperlukan dalam menyempurnakan makalah ini.Selain itu penulis juga mengucapkan terima kasih kepada pembaca sekalianyang telah bersedia membaca makalah ini.





Malang,     November 2012


Penulis

DAFTAR ISI
                                                                                                Halaman
KATA PENGANTAR............................................................................... i
DAFTAR ISI............................................................................................. ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latarbelakang....................................................................................... 1
1.2 Rumusan Masalah................................................................................ 1
1.3 Tujuan.................................................................................................. 1
1.4 Metode................................................................................................. 2

BAB II            PEMBAHASAN
2.1 Sejarah Awal Perjalanan Hidup Sutilah Sebagai
      Akar Keluarga...................................................................................... 4
2.2 Sejarah Perjalanan Hidup Orang Tua Nur Hidayat.............................. 5
2.3 Sejarah Kehidupan Nur Hidayat.......................................................... 6

BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan.......................................................................................... 8
3.2 Saran.................................................................................................... 8

DAFTAR RUJUKAN............................................................................... 9


BAB I
                                                  PENDAHULUAN
1.1             Latar Belakang
Perjalanan hidup yangbtelah di alami Sutilah merupakan sebuah perjalanan hidup yang sangat rumit, keadaan ekonomi dan lingkungan yang keras membuat semua itu terasa berat, banyak berbagai macam permasalahan yang di hadapi dari kondisi yang memprihatinkan sampai yang membanggakan. Kebangkrutan pun mewarnai perjalanan hidup sutilah dalam membentuk sebuah keluarga. Dia bekerja dalam banyak profesi. Seperti pedagang dan sebagainya.
Kesadaran diri akan keadaan yang sederhana mendongkrak semangat sutilah untuk tetap bertahan hidup. Semua fakta yang terjadi tidak membuat sutilah menyerah untuk menghidupi dan mensukseskan anak-anaknya. Banyak fakta-fakta yang data dita pelajari dalam perjalanan kehidupan sutilah. Maka dari itu sejarah keluarga ini menarik untuk di bahas karena dapat memberikan kita gambaran-gambaran bagaimana sulitnya hidup.

1.2  Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang penulisingin kemukakan berdasarkan latar belakang diatas ialah
1. Bagaimana sejarah awal perjalanan hidup sutilah sebagai akar keluarga?
2. Bagaimana sejarah perjalanan hidup orang tua nur hidayat?
3. Bagaimana sejarah kehidupan nur hidayat?
1.3  Tujuan
Adapun tujuan penulisan yang ingin dideskripsikan berdasarkan masalah-masalah yang akan dibahas ialah
1. Mengetahui sejarah awal kehidupan sutilah sebagai akar keluarga
2. Mengetahui sejarah perjalanan hidup orang tua nur hidayat
3. Mengetahui sejarah kehidupan nur hidayat


1.4  Metode
1.      Pemilihan Topik
a. Kedekatan Emosional
        Keluarga ini merupakan sebuah keluarga sederhana yang berasal dari desa sumbermanjing wetan malang. Kehidupan yang serba sederhana di desa tersebut. Maka dari itu untuk mengetahui sejarah permulaan keluarga ini terbentuk dan bagaimana seorang wanita yang bertahan hidup dan menjadi nenek dari keluarga besar yang sangat sederhana. Berbagai masalah dan perjuangan untuk berkeluarga.
b. Kedekatan intelektual
                Untuk keabsahan makalah ini, penulis mencari sumber-sumber, sumber primer dengan wawancara Sutilah yang merupakan nenek dari keluarga besar tersebut. Pemilihan topik ini bertujuan untukmengetahui sejarah keluarga agar lebih di hargai oleh orang lain dan mengetahui bagaimana proses perkembangan seorang individu hingga menjadi sebuah keluarga yang sederhana. Oleh sebab itu pemilihan topik yang akan saya bahas adalah sejarah dan proses kehidupan Sutilah yang merupakan nenek dan pelaku utama dalam sejarah ini.
  1. Heuristik
Pengumpulan data dan sumber-sumber yang sesuai dengan topik pembahasan  yaitu sumber primer didapat penulis dari mewawancari Sutilah yang merupakan nenek dan merupakan sumber utama yang terlibat langsung didalamnya
3.      Kritik
a.       Kritik Eksternal
Dari sumber yang telah menceritakan sejarah ini. Sutilah mengaku bahwa di masa-masa kehidupanya mengalami berbagai macam keadaan. Dan banyak liku-liku kehidupan yang dia alami. Berbagai masalah tersebut di jalani bersama suaminya yaitu Suhartono, Sutilah memiliki 5 orang anak dan 5 orang dan 6 cucu. Proses perkembangan kehidupan keluarga ini sangat panjang. Mulai dari berpindah-pindah rumah tinggal sampai mengalami kebangkrutan. Tapi pada akhirnya Sutilah dan keluarga mencapai kesuksesan kembali hingga saat ini.
b.      Kritik Internal
Dari wawancara yang telah dilakukan oleh penulis, masuk akal jika sutilah sekeluarga pernah mengalami kebangkrutan karena kondisi ekonmi yang tidak tentu dan banyaknya anak yang harus di beri kehidupan. Lingkungan yang keras juga menjadi factor penyebab dari krisis yang di alami keluarga sutilah. Liku-liku kehidupan pun juga dia rasakan, mulai dari permasalahan dengan kerabat dan keadaan ekonomi yang tidak menentu . dan masuk akal juga jika keluarga suilah meraih kesuksesan yang baik karena kerja kerasnya dalam menjalani hidup sangat sabar.
4.      Interpretasi
Dari fakta-fakta yang saya dapat melalui wawancara dengan pelaku langsung dapat saya interpretasikan bahwa, kehidupan  yang pernah di jalani sangatlah berat, dari liku-liku masalah sampai berpindah-pindah tempat dari satu desa ke desa lain. Desa asal sutilah lahir menjadi bahan utama yang membangun individu sutilah yang mandiri. Dan dia dapat melalui semua masalah yang terjadi dalam perjalanan hidupnya. Dari keseuksesan yang dia raih sampai kebangkrutan yang dia alami. Perjuangan keras untuk membangun keluarganya menjadi lebih baik dan mendorong semangat sutilah untuk tegar dan tetap berjuang untuk bertahan hidup dan menjadi lebih baik
  1. Historiografi
Dalam historiografi penulis memulai dengan Bab I yaitu pendahuluan, pendahuluan ini berisi latar belakang, rumusan masalah, tujuan serta metode yang saya gunakan dalam penelitian sejarah. Sejarah keluarga merupakan topik yang saya pilih dalam meneliti sejarah, karena dekat dengan lingkungan saya dan dalam menemukan sumber penelitian sangat mudah didapat. Kemudian dilanjutkan pada Bab II yaitu pembahasan, yang merupakan pembahasan inti makalah, tepatnya jawaban dari masalah yang akan dibahas lebih lanjut mengenai historiografi ini. Dan terakhir Bab III penutup yaitu berisi kesimpulan dan saran dari pembahasan masalah.



BAB II
                                                    PEMBAHASAN
2.1  Sejarah Awal Perjalanan Hidup Sutilah Sebagai Akar Dari Keluarga
Keluarga di mulai dari kelahiran Sutilah.. 1951, yang lahir di desa gombloh kec.sumbermanjing wetan, kab. Malang.. wanita ini adalah kakak tertua dari 6 bersoudara, 5 perempuan dan 1 laki-laki, sutilah merupakan anak pertama dari pasangan suami istri yang tinggal di desa tersebut. Di masa kecil sutilah menjalani hidupnya bersama adik-adiknya dengan sangat sederhana. Suasana pedesaan dan adat yang sangat kental membentuk pribadi sutilah yang mandiri. Kemudian ketika sutilah berusia 3 tahun dia ikut kedua orang tuanya pindah rumah ke janti bandung rejosari kec kedung kandang kab.malang yang sekarang menjadi kec.sukun.
Di janti sutilah masuk sekolah rakyat (SR), sutilah duduk di bangku pendidikan di usia 7 tahun, tepatnya pada tahun 1958.  Akan tetapi setelah duduk di kelas 5 sutilah di Drop Out karena ada berbagai masalah, diantaranya karena keadaan ekonomi yng serba pas-pas an, di tambah lagi dia memiliki 5 adik yang masi kecil. Akhirnya sutilah berdiam di rumah dan mengisi waktunya dengan membantu ibunya berjualan di desa. Kehidupan sutilah biasa saja sampai dia bertemu dengan Suhartono dan memutuskan untuk menikah. Pertemuan mereka berawal dari rumah yang jaraknya lumayan dekat dan sering bertemu di jalan. Setelah 2 bulan akrab mereka pun memutuskan untuk menikah. Suhartono adalah anak dari sepasang suami istri dari kelayatan, suhartono yang lahir pada tahun 1949 adalah anak pertama dari 4 bersaudara, Suhartono bersekolah di smp PGRI di kelayatan sambil bekerja berjualan roti goreng. stelah 3 bulan menikah sutilah bekerja di pabrik bentoel. Sedangkan suaminya Suhartono memiliki usaha berternak burung kenari yang saat itu harganya sangat mahal.
1 tahun menikah mereka di karuniai anak pertama pada tahun 1970 yang di beri nama Cicik Suhariati, yg menjadi kakak dari 5 bersaudara. Setelah lama di janti, pada tahun 1984 pindah ke gembrung kec.singosari. di sana sutilah memulai kehidupan rumah tangganya, tak bertahan lama dengan suasana desa, 3 tahun

kemudian keluarga itu pindah ke dusun wringin anom desa kepuh harjo kec.karangploso. di desa tersebut keluarga sutilah semakin bahagia karena        di sana mereka punya anak yang ke 2. Selang beberapa tahun pasangan sutilah dan suhartono berhasil menikahkan anaknya yg pertama pada awal 1994.
Menetap di wringin anom, keluarga sutilah mencapai kesuksesan yang sangat baik dan mereka bisa menyekolahkan anaknya sampai tingkat S1. Tahun 1998 keluarga sempat mengalami kebangkrutan karena sang suami di landa musibah dalam usahanya karena krisis moneter.. suhartono kerja ke pulau dewata bali sebagai mekanik dan meninggalkan sutilah beserta anak-anaknya di malang. Sutilah yang mengalami perselisihan dengan kerabatnya yang satu daerah mengharuskan berpindah tempat lagi, keluarga sutilah berpindah ke perum Ikip di desa tegalgondo kec.karangploso pada tahun 2004. Ketika perselisihan dan perpindahan itu terjadi Suhartono masih berada di bali. Baru di tahun 205 Suhartono kembali lagi ke malang tinggal di Perum Ikip Tegalgondo dan menetap sampai sekarang.
2.2  Sejarah Perjalanan Hidup Orang Tua Nur Hidayat
Lahir di janti pada tahun 1970, wanita yg bernama Cicik Suhariyati menjalani hidup di lingkungan yang cukup keras. Di usianya 4 tahun Cicik masuk TK dan memulai prosees pendidikanya,  tapi proses belajar itu hanya bertahan sampai SD kelas 5, Cicik tidak melanjutkan sekolahnya karena trauma di keroyok oleh teman satu sekolahnya. Cicik mengisi hari-harinya dengan merawat adik-adiknya karena di tinggal kerja oleh kedua orang tuanya bekerja. Keseharianya merawat adik sampe tahun 1986 ketika cicik bekerja di pabrik sepatu di losawi, pada masa itu cicik sangat sibuk karena setelah pulang kerja dia harus tetap merawat adiknya, ketika pagi cicik sebagai anak pertama cicik harus rajin membantu sutilah membuat kue untuk di jual. Setelah 3 tahun di pabrik sepatu cicik tergeser karena ada perampingan karyawan, sejak itu cicik hanya di rumah membantu orang tua membuat produksi keripik singkong.
            Selang beberapa bulan Cicik  masuk kerja lagi di pabrik plastic. dia hanya bergulat di pabrik plastic selama 4 tahun, suatu ketika pabrik tersebut pindah lokasi ke blimbing dan cicik tidak ikut sehingga mengharuskan cicik mengundurkan diri. Setelah berhenti di pabrik plastic cicik di masukan ke sebuah pabrik rokok dan bekerja di sana, selang 5 bulan cicik menikah dengan Jari di tahun 1994. Pertemuan cicik dan jari bermula ketika cicik bekerja di pabrik rokok yg di mandori oleh jari, setelah dekat selama 3 bulan, akhirnya mereka memutuskan untuk menikah pada tahun tersebut. jari adalah anak kedua dari 3 bersoudara, jari lahir tahun 1968 sekolah di desa gunung malang kec.pasuruan dan lanjut masuk smp lawang.
Setelah lulus, jari pergi untuk bekerja di Kalimantan sambil mencari orang tuanya yg lama pergi ke Kalimantan, di sana jari bekerja pabrik roti. 5 tahun di Kalimantan membuatnya tegar dan mandiri, selama 4 tahun jari bekerja di pabrik roti dan 1 tahun dia gunakan untuk mengembara mencari ibunya. 1 tahun pencarian akhirnya jari bertemu dengan ibunya. Jari kembali ke malang pada tahun 1987 dan bekerja di pabrik rokok sebagai mandor yg akhirnya bertemu dengan cicik yang kini menjadi istrinya. Kurun waktu 1 tahun menikah mereka di karuniai seorang anak. setelah menikah jari keluar dari pabrik rokok dan mulai bekerja di mebel maskamah di daerah mbesuk, blimbing. Kemudian bosan dengan pekerjaan mebel yang hanya menghasilkan uang tak seberapa, pada tahun 1995 jari belajar mekanik di usaha keluarga yang di olah oleh mertuanya suhartono. dari belajar itu jari terdidik menjadi seorang mekanik yang handal. dia bekerja di bengkel mobil yang berada di arjosari dan mengasah kemampuanya tersebut. Dengan anak yang beranjak dewasa dia juga membuka usaha school transport yang berada di Sekolah unggulan MIN malang hingga sekarang
2.2 Kehidupan Nur Hidayat Sejak Lahir
Nama Nurhidayat menjadi sebuah nama yang mengingatkan akan siapa anak itu. Nurhidayat adalah anak pertama dan satu-satunya dari pasangan Cicik dan Jari. Dia terlahir prematur. Ketika dia dalam kandungan, ibunya terlalu banyak mengkonsumsi buah durian dan mengakibatkan kandunganya bocor. Di usia kandungan yang baru 6 bulan cicik terpaksa harus menjalani operasi untuk mengeluarkan bayi yang ada di kandungan. Setelah menjalani operasi ternyata kandungan masih bocor dan mengharuskan unuk operasi ke duakalinya untuk mengangkat kandunganya. Masa-masa itu sudah berakhir dan bayi maupun ibunya selamat dalam proses operasi tersebut. Beberapa hari setelah operasi cicik di perbolehkan pulang, tapi bayi itu tidak boleh di bawa pulang karena kondisi yang mengkhawatirkan. Nurhidayat terlahir dengan daya tahan tubuh yang tidak seperti bayi pada umumnya. Dia harus menjalani perawatan medis. Baru ketika berusia 3 bulan bayi itu boleh di bawa pulang. Nurhidayat masuk TK pada usia 6 tahun di desa kepuharjo. Ketika masuk kelas 2 nurhidayat dan sekeluarga pindah ke Perum Ikip Tegalgondo Malang. Di sana nurhidayat melanjutkan sekolahnya di SDN tegalgondo Malang. Lulus SD nurhidayat masuk SMPN 1 Karangploso. Kemudian menginjak masa SMK dia mengikuti test dan masuk ke SMK PGRI03 Malang. Setelah lulus dia berniat untuk bekerja tetapi niat itu tidak di setujui oleh orang tuanya dan memutuskan untuk kuliah. Nurhidayat mengikuti test mandiri dan dapat lolos seleksi masuk ke Universitas Negeri Malang.























BAB III
PENUTUP
1.1  Kesimpulan
Perjalanan hidup yang di lalui setiap individu tidaklah mudah, terkadang ada suka dan duka. Faktanya kehidupan sutilah yang banyak menemui permasalahan dan keadaan, dia berjuang untuk membentuk sebuah keluarga yang sebenar-benarnya. Dalam perjalanan hidupnya dia berpindah-pindah tempat tinggal karena keadaan yang tidak tentu menguntungkan.
Kesederhanaan yang dia jalani membuat mentalnya menjadi individu yang mandiri dan tegar dalam menjalani liku-liku hidup. Semangat untuk menghidui anak-anaknya sangat kuat dan mendongkrak semangat sutilah
1.2  Saran
Setiap kehidupan pasti memiliki tantangan dan permasalahan yang harus di hadapi, sebagai manusia yang sempurna kita harus belajar dalam beradaptasi dalam setiap keadaan yang ada, jangan pernah mengeluh akan susahnya hidup karena dengan kesusahan itu kita akan dapat pelajaran yang berharga dalam menjalani hidup ini.










DAFTAR RUJUKAN
Nara Sumber
Nama                           :  Sutilah
TTL                             : Malang, 09 januari 1951
Pekerjaan                     : Ibu rumah tangga
Status                          : Menikah
Alamat                                    : Perum IKIP Tegalgondo Malang

Nara Sumber
Nama                           : Cicik Suhariati
TTL                             : Malang, 11 Mei 1970
Pekerjaan                     : Ibu Rumah Tangga
Status                          : Menikah
Alamat                                    : Perum IKIP Tegalgondo Malang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar